Kamis, 07 April 2011

Hamster Roborovski (Phodopus roborovskii)

          Hamster ini pertama kali ditemukan oleh Letnan Roborovski pada tahun 1894. Hamster ini berasal dari Mongolia dan wilayah Cina bagian utara, sehingga sering pula disebut hamster mongol. Hamster ini tinggal di dalam lubang-lubang yang cukup dalam. Popularitasnya sebanding dengan hamster campbell dan cukup mudah didapatkan di pasaran.

Roborovski White Face
          Hamster ini memiliki tubuh yang paling mungil. Panjang hamster dewasa sekitar 5 cm, bobotnya sekitar 20 gr, dan umurnya dapat mencapai 3-4 tahun. Wajahnya terlihat terlihat sedikit berbeda daripada hamster jenis lainnya karena bulu-bulu di bagian wajahnya yang lebih lebat. Bulu di atas kepala hingga punggung juga tampak lebih lebat dibandingkan bagian tubuh lainnya. Bulu di bagian ini didominasi oleh warna cokelat tua di bagian dalam dan cokelat muda di bagian luar. Keunikannya adalah susunan bulu di bagian kepala agak gimbal, sehingga sepintas mirip singa jantan.

Roborovski White
        Hamster ini tidak terlalu agresif atau protektif, sehingga tidak suka menggigit. Bisa ditempatkan secara massal dalam 1 kandang. Selain itu, gerakannya sangat lincah dan gesit. Tidak heran jika lepas akan sulit ditangkap. Perkembangbiakannya relatif sulit.
            Varian hamster ini ada 2, yaitu: normal dan white face.

0 Kommentare:

Posting Komentar

© Merawat Hamster - Template by Blogger Sablonlari - Header image by Deviantart